Minggu, 09 Desember 2012

Geografi UI: my new home, new family

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Ya, saat ini memasuki akhir semester III. Setiap mahasiswa disibukkan dengan tugas makalah dan resensi dengan sumber seabrek, tugas praktek lapangan ke sungai, lapangan, atau sekedar survei penduduk di sekitar kampus, dan tentunya organisasi kemahasiswaan yang baru saja berpesta demokrasi.
Di balik itu semua, ada satu hal yang baru akan dirasakan oleh setiap mahasiswa semester III geografi UI, yakni gedung H FMIPA UI serasa menjadi rumah kedua bagi setiap mahasiswanya. Betapa tidak, setiap hari kuliah kami selalu saja kuliah di gedung ini. Kuliah Geografi Fisik II, Geografi Manusia I, Kartografi, Demografi, Survei dan Pemetaan, Ekologi dan Ilmu Lingkungan, Praktikum Statistika, Praktikum Kartografi, dan Praktikum Geografi Fisik II dilaksanakan di gedung ini. Walaupun masih ada satu matakuliah yang mengambil tempat di departemen sebelah (baca: Matematika) dalam matakuliah Metode Statistika, tetap saja gedung H ini menjadi begitu istimewa bagi mahasiswanya.

Musholla Geografi (Muge) ikhwan yang terletak di bawah tangga sebelah barat, piano di samping pintu masuk yang entah bisa dipakai atau tidak, kolam ikan di loby yang tanpa air sedikitpun, tangga simulator gempa di kedua sisi gedung (timur dan barat), lantai dasar (landas) yang paling berbeda se-MIPA, dan tentu saja yang paling istimewa, ruangan kuliah yang selalu saja di lantai empat.

Itulah sedikit kisah dari begitu banyak yang bisa dikisahkan dari kami, geografi UI, yang semoga dalam waktu dekat memilki identitas yang jelas, sebagai salah satu departemen di Fakultas MIPA ataukah Fakultas ISIP, ataukah justru bisa menjadi sebuah fakultas yang sejajar dengan FMIPA dan FISIP, karena geografi bukanlah keduanya, melainkan menghubungkan keduanya. Ibarat Jembatan Teksas (Teknik-Sastra) di atas Danau Mahoni UI yang menghubungkan sains dan sosial-humaniora.

Ya, sekelumit kisah kami, mahasiswa semester III geografi UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar