Rabu, 28 Agustus 2013

IQF, sebuah pondok mungil yang menyejukkan hati

Alkisah, tersebutlah sebuah komplek perumahan yang dimiliki oleh seorang wirausahawan bernama Bapak Haji S (inisial). Tidak luas memang untuk disebut sebagai komplek perumahan, tapi setidaknya di dalam pagar yang tidak tinggi itu, terdapat 3 bangunan rumah yang dihuni oleh berbagai macam orang. Rumah pertama digunakan oleh keluarga Pak Haji (-panggilan harian Beliau) untuk berteduh dari limpahan air hujan dari langit kota Depok. Rumah kedua, merupakan asrama kami, santri Indonesia Quran Foundation (IQF), sebuah yayasan yang selalu bersemangat belajar al-Qur`an dan membumikannya di Indonesia, berawal dari asrama kecil kami ini. Rumah ketiga saat ini digunakan oleh keluarga ustadz yang menjadi pemandu kami dalam belajar al-Qur`an dan membumikannya di Indonesia. Alhamdulillaah..



Di dalam komplek itu, kami bersama-sama belajar al-Qur`an, mulai dari Tahsin, Tahfidz dan Tafsir al-Qur`an. Selain itu, kami juga belajar nilai-nilai keislaman, bahasa Arab dasar, dan pelatihan softskill, berupa kewirausahaan dan kepemimpinan. Alhamdulillaah..


Di komplek asrama kami itu, juga tersebutlah sebuah musholla kecil yang biasa dipakai penghuni komplek dan warga sekitar komplek untuk bersujud kepada sang Khalik, pada 5 waktu yang telah Ditentukan. Tidak hanya itu, musholla kecil ini selalu menemani kami dalam bercengkrama dengan  lembaran-lembaran suci, surat cinta dari Sang Khalik. Setiap malam dan shubuh, terdengar lantunan ayat-ayat Illahi yang menenangkan hati. Dan, malam Sabtu menjadi moment spesial bagi kami, di musholla kecil itu, kami dengan persiapan satu minggu, memperdengarkan hafalan-hafalan Kalamullah yang telah kami hafalkan, dengan memakai lantunan irama kami masing-masing. Ini membuat kami selalu bersemangat untuk mempersiapkan diri, karena rekan-rekan kami yang selalu siap dengan 'tepukan lantai' jika ada satu makhraj huruf yang salah. Sejuk dan menyenangkan dapat berada dalam lingkaran kecil yang insyaAllah penuh Rahmat itu. Alhamdulillaah..


Ada pula sebuah saung kecil yang biasa dipakai untuk duduk-duduk di bawah terik matahari langit kota Depok. Sambil duduk-duduk bercengkrama dengan lembaran-lembaran suci, atau melihat indahnya ikan-ikan yang berenang ditemani oleh beberapa tangkai bunga teratai yang berdiri dengan anggun di dalam kolam di samping saung. Menyenangkan, tentu saja. Alhamdulillaah..

Asrama kami, kisah kami

Asrama kami tentu saja menyimpan berbagai kenangan manis, pahit, suka, duka, tawa dan tangis. Betapa tidak, penghuni asrama ini datang dari berbagai daerah, golongan, minat, bakat, dan keahlian. Namun, ada satu hal yang menyatukan kami semua, yakni kecintaan kami kepada Sang Khalik, dan kesamaan cara kami menunjukkan rasa cinta itu, yaitu senantiasa belajar al-Qur`an dan membumikannya.

Kebanyakan dari kami adalah mahasiswa perguruan tinggi dan pra-mahasiswa; yang kuliah, Ronin, atau berdomisili di sekitar asrama mungil ini. Tidak banyak dari kami yang berasal dari program studi yang sama. Hal ini mengakibatkan kami dapat berinteraksi dengan intens dengan program studi yang lain dan tentu saja dapat memberi dan mengambil sebanyak-banyaknya manfaat ke dan dari rekan-rekan seiman itu. Jadi, kami senantiasa terpacu untuk bisa meng-upgrade diri. Alhamdulillaah..


Selesai membersamakan diri dengan al-Qur`an, kami juga tidak melupakan kewajiban kami kepada orang tua. Setiap malam kami juga meluangkan hati untuk belajar memperdalam dan mengasah kemampuan akademis kami. Karena di sini terdiri dari berbagai angkatan, maka memungkinkan bagi kami untuk berbagi ilmu dari seorang kakak kepada adiknya. Walaupun tidak sedikit yang harus belajar secara mandiri, karena tidak ada kakak kelas di jurusannya di asrama ini, kayak gue. :p


Dengan begini, kami sama-sama berharap, dapat mewujudkan visi Indonesia Quran Foundation, yaitu 'Membentuk Intelektual Penghafal Quran'.


Dengan mengucap "bismillaahirrahmaanirrahiim", dan meminta do'a orangtua kami, serta para pembaca, do'akan kami agar dapat istiqomah dalam jalan ad-Diinul Islam yang indah ini, serta dapat menyebarkannya seantero Indonesia.


Link terkait
Website Indonesia Quran Foundation http://quranfoundation.or.id


Oh iya, ini peta rute menuju asrama kami. Sengaja saya buat, ditujukan terutama untuk pembaca yang sekiranya ga make smartphone, kayak saya.. hahaha
Sederhana dan gak terlalu bagus, memang, tapi semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar