Selasa, 18 Juni 2013

Geografi ala Kampus Gue

Di kampus gue, Universitas Indonesia, Geografi tuh masuk Fakultas Mengaji dan Ilmu Pengetahuan Alqur`an. Eeh? Bukaaan, tapi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, nan kalau disingkek, FMIPA UI. Kok ‘mengaji’ dan ‘Alqur an’ sih? Iya dongs, kan pesantrennya UI –katanya.
“Kok di FMIPA? Bukannya Geografi di esema masuk rumpun sosial? Harusnya kan FISIP atau FIB.. ih, gimana sih UI”.
Hahahaa. Jangan nyalahin kampus gue gan. Ceritanya panjang banget. Kalo penasaran, masuk aja sini, biar dijelasin sama dosen-dosen di sini sampe lo ubanan.

Gimana cara masuk Geografi UI?
Pergi aja ke Gedung H Kampus FMIPA UI. Pintu masuknya ada di sebelah utara.
“Selamat Datang di Geografi UI”.

Gimana cara menjadi mahasiswa Geografi UI?
Yaa melalui jalur masuk UI lah. Apapun jalurnya, yang penting Geo UI. Mau SNMPTN kek, mau SBMPTN kek, SIMAK UI, PMDK, atau apalah, tergantung update-an zaman.
Emang di Geografi UI belajar apaan?
Lo tau Bumi, kan? Yap, itu yang bakal lo pelajari. Apa yang kamu lihat di Bumi? Air, hujan, sungai, awan, batu, gunung, manusia, bebek, kota, desa, jalanan, papan nama jalan, lampu merah, partai, kabinet, istana, rumah reot, foto, laptop, hp, gps, PETA, tempat wisata, angka, dan lain sebagainya. Kebanyakan? Emang sih, tapi di Geografi UI, lo bakalan di arahin ke salah satu dari tiga peminatan (di semester tua); Geografi Fisik, Pembangunan Wilayah, dan Penginderaan Jauh (PJ). Ntar gue ceritain.
Di tahun pertama, lo bakalan ngerasa jadi siswa esema kelas XIII. “Lho? Kok gitu?”. Iya dong, soalnya ada matakuliah wajib fakultas, yaitu Fisika Dasar, Kimia Dasar, Matematika Dasar dan Biologi Umum. “issh, untuk apaan sih?”. Berisik. Ntar gue jawab. Eh, tapi di tahun ini, lo bakalan dikenalin sama kulit luar Geografi (Pengantar Geografi) dan Kartografi. (Ada yang tau, kartografi apaan?)
Di tahun kedua, lo harus bin wajib kenalan dengan kulit Geografi agak ke dalam. Ketemuan sama Geografi Fisik, Geografi Manusia, PJ dan Sistem Informasi Geografis (SIG).
Baru di tahun ketiga dan seterusnya, lo bebas milih apapun matakuliah yang lo pengen ambil (dalam artian, milih salah satu peminatan, walau tidak secara mutlak mengikat).
Apa beda geografi dengan ilmu lain?
Bedanya adalah cara melihat suatu fenomena di bumi. Kami para geograf muda diajarkan untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang keruangan, sebuah sudut pandang yang sulit ditemukan di subjek ilmu lainnya.
Itulah yang membuat seorang geograf beda. Asik menjadi orang yang beda dibanding kebanyakan orang, hehe.
Jelasin lagi tentang peminatan
Geografi FisikAda geologi, geomorfologi, hidrologi, hidrogeografi, biogeografi, meteorologi, klimatologi, pedologi, dan sekte-sektenya. Pasti udah pada tau, kan? Atau biar jelas, coba cek buku geografi esmea kelas X. Pas zaman gue sih, belajarnya itu. Gak tau deh zaman orang yang lagi baca postingan ini. Kurikulum gonta-ganti sih.
Penting banget nih, ngerti konsep dasar fisdas, kimdas sama biolum. Biar nggak bengong pas dosen ngajarin.
Misal,
  • Lempeng samudera yang massa jenisnya segitu, kok bisa nyelip di bawah lempeng benua yang massa jenisnya lebih kecil dibanding lempeng samudera?
  • Tolong jelasin gimana proses terbentuknya stalakmit dan stalaktit.
  • Apasih beda fauna di Indonesia bagian Barat dengan Indonesia bagian Timur?
Kalo menurut gue sih, yang penting konsep, kalo masalah hitung-hitungannya, terserah lo, yaa nikmatin aja. Nerd smile
Peminatan ini, pas banget buat yang suka jalan-jalan ke tempat-tempat yang full panorama alam. Kalo gue, ngerasa makin deket ama yang nyiptain kita semua, Allah SWT.
Pembangunan WilayahKalo di Geo, bocah-bocah nyebutnya Geo.Man (Geografi Manusia). Ntar di semester lanjut, belajar Geografi Kesehatan, Geografi Politik, Geografi Pariwisata, Geografi Perkotaan, dan lain-lain. Pokoknya keren banget dah. Apalagi lo yang dulu ngerasa salah masuk jurusan di esema (IPA), beuuh.. bener-bener ngajak lo ngelihat dunia.
Pas awal-awal belajar geo.man, gue saranin lo liat bukunya geografi, yang udah peminatan, biar lo ga terlalu terpana sama penjabaran dosen yang “ajigileee”.
Peminatan ini pas banget buat lo yang seneng buanget merhatiin pola aktivitas dan wawancarain masyarakat.
PJIni nih, yang bikin anak geo beda dibanding yang lain. Ngebahasnya citra satelit. Semua pasti dapet matkul ini, tapi ga semua yang lulus dengan baik. Kalo praktek mungkin banyak yang bisa, tapi kalo konsep, tunggu dulu.
Kalo pengen unggul di bidang ini, mulai sekarang belajar dasar-dasar materi gelombang (fisika) dengan baik. Gelombang mikro, cahaya tampak, UV, de el el.
“Gunanya buat apaan?”
Eits, jangan salah. Potensial lho, di dunia. Kalo bisa ‘sukses’ di sini, lo bisa jadi orang ‘keren’ di geo.
”Buat apa?”
Eits, jangan salah. Masuk geo dulu, baru tau.
Ntar udah wisuda, jadi apa?
Yaa terserah lo. Kan bukan ikatan dinas. Tapi coba aja pikirin, di geo lo udah belajar banyak, ruang lingkup wawasan lo udah luas, masa’ ga tau lo bisa jadi apa?
Yang terpenting adalah, daya juang lo menciptakan lapangan pekerjaan atau melamar pekerjaan.
Apapun jurusan lo,
Gue tetep mahasiswa Geografi UI.

#kalo ada salah-salah kata, mohon komen ya gan..
Smile

5 komentar:

  1. Sumpah bermanfaat bgt buat gue pribadi. Anak ips yg cinta bgt sana geografi tp lemah di mtk dan kimia. Oh may god. Hahah lebay dikit. Pas baca tulisan ini, gue perhatiin tiap tiap bacaannya. Wk.. Mau nanya nih kak. Tolong bgt di fast respon.. Nilai geografi gue di semester 1 itu 76 trus,, 2 nya 78, lalu 93, 93 lagi, dan di semester 5 nya 94. Tpi mtk gue asli jelek bgt semester 1 nya 66, 70, semester 3 nya 76, 80, trus semester 5 nya 81. Itu gimana tuh kak? Klo lewat smptn keterima gak? Gue sempet ikut olimpiade geografi seleksi kabupaten/kota. To gak masuk. Gue bimbang, takut gugur pas daftar smptn. Tolong di bales ya kak. Cari cari info. Biar aku bisa tau kenyataannya secepatnya. :)))) terimakasih banyaakk:* :* :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa.. maaf banget nih baru gw respon, haha...

      jadi mbak safira udah daftar di mana? :)

      Hapus
  2. bisa aje kalo menurut gue, kaarena nilai kmu trus naek, konsisten, kecuali nilai kmu naik turun/ turun wah bakalan sulit masuk.daftar aja, toh swasta masih banyak :p becanda

    BalasHapus
  3. hahaa.. maaf banget nih baru gw respon, haha...

    jadi mbak safira udah daftar di mana? :)

    BalasHapus